Rabu, 22 November 2017

Perawatan dan Pencegahan Kudis (Scabies)

Perawatan  Kudis (Scabies)


Infeksi kudis perlu diobati oleh dokter. Hubungi dokter atau dokter kulit kapan pun anak Anda mengalami gatal atau ruam kulit yang tidak akan hilang, terutama jika gatal itu memburuk di malam hari dan terjadi di sekitar pergelangan tangan atau di bagian jemuran jari.

Perawatan dan Pencegahan Kudis

Jika kudis dicurigai, dokter mungkin mengikis sebagian kecil kulit yang terkena dan memeriksa bekas luka di bawah mikroskop untuk tanda-tanda tungau kudis.

Dokter mengobati kudis dengan meresepkan krim atau lotion obat untuk membunuh tungau. Krim perlu dioleskan ke kulit di sekujur tubuh, tidak hanya area dengan ruam, dan biasanya harus tetap di kulit selama 8 sampai 12 jam sebelum bisa dicuci bersih.

Pada bayi dan anak kecil, ingat juga untuk meletakkan krim di kepala, wajah, dan kulit kepala - bahkan di telinga. Jika Anda lupa area ini, Anda mungkin tidak bisa menyingkirkan semua tungau. Juga pangkas kuku anak Anda dan gosok kotoran yang ada di ujung jari, dan taruh obat di ujung jari juga. Setelah menerapkan krim, jangan mencuci tangan Anda sendiri - kudis kudis menyukai daerah di antara jari-jari! Anda mungkin ingin menerapkan obat sebelum anak Anda tidur, lalu cuci di pagi hari.

Paling sering, pengobatan perlu diulang dalam 1-2 minggu, terutama jika Anda melihat tungau hidup di kulit 2 minggu setelah perawatan.

Terkadang dokter mungkin memilih obat oral daripada lotion topikal untuk mengobati kudis pada anak yang lebih tua.

Karena kudis sangat menular dan dapat menyebabkan infestasi ulang, anggota keluarga Anda yang lain juga harus diobati, walaupun tidak memiliki gejala. Karena kudis dapat menular secara seksual, remaja yang aktif secara seksual dengan kudis harus diperiksa untuk penyakit menular seksual lainnya (PMS) juga. Setiap pasangan seksual juga harus dirawat karena kudis.

Dokter mungkin meresepkan antibiotik jika anak Anda juga mengembangkan infeksi kulit bakteri (seperti impetigo) dan antihistamin untuk membantu meringankan rasa gatal.

Begitu seorang anak memulai perawatan untuk kudis, biasanya dibutuhkan sekitar 1 sampai 2 hari agar gatal berhenti. Dalam beberapa kasus, gatal bisa berlangsung selama beberapa minggu. Jika anak Anda mengalami gatal yang parah, dokter mungkin meresepkan krim steroid untuk kulit, seperti hidrokortison. Krim steroid hanya boleh digunakan jika direkomendasikan oleh dokter Anda karena bisa membuat infeksi tertentu memburuk.

Jika perawatannya efektif, seharusnya tidak ada ruam atau lobang baru setelah 24 sampai 48 jam.

Pencegahan Kudis (Scabies)


Kontak fisik langsung - seperti berpegangan tangan - adalah cara paling umum untuk menularkan kudis. Tapi karena tungau bisa hidup beberapa hari dengan pakaian, tempat tidur, atau debu, kudis bisa menyebar saat orang berbagi tempat tidur, linen, atau handuk yang terinfeksi.

Jika seseorang di keluarga Anda dirawat karena kudis, semua anggota keluarga lainnya juga harus diobati. Cuci pakaian, seprai, dan handuk dengan air panas dan keringkan di tempat yang panas. Masukkan boneka binatang dan barang lainnya yang tidak bisa Anda cuci dalam kantong plastik tertutup setidaknya selama 3 hari. Vakum setiap ruangan di dalam rumah, lalu buang kantong penyedot debu.

Sebagian besar anak-anak dapat kembali ke sekolah sehari setelah perawatan selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar